Mengapa Pertumbuhan Ayam Tidak Sama

Mengapa Pertumbuhan Ayam Tidak Sama - Kembali lagi di blog Modifamp, Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan artikel tentang Mengapa Pertumbuhan Ayam Tidak Sama, dan admin telah menyiaplkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan pada Artikel ternak, yang kami tulis ini dapat dengan mudah anda pahami. baiklah, tidak usah berlama-lama selamat membaca.

Judul : Mengapa Pertumbuhan Ayam Tidak Sama
link : Mengapa Pertumbuhan Ayam Tidak Sama

Baca juga


Mengapa Pertumbuhan Ayam Tidak Sama

Terkadang yang jadi pertanyaan bagi peternak pemula menyerupai aku yaitu mengapa pertumbuhan ayam tidak sama. Ada yang besar, ada yang kecil, dan ada yang sedang-sedang saja

Dari pengamatan selama beternak ayam dari umur DOC sampai umur sebulan, didapat kesimpulan yang mungkin menjadi penyebab mengapa pertumbuhan atam tidak sama.

Selama ini ayam DOC di beri pakan BR1 secara full tidak pernah henti. Dan terus full-tank sampai stok pakan dalam karung habis. Begitupun dengan air minumnya yang selalu terisi.

Namun sehabis ayam di keluarkan dari sangkar brooding, pertolongan pakan di letakan pada wadah yang di buat sendiri dari jerigen bekas yang di belah dua.

Terkadang yang jadi pertanyaan bagi peternak pemula menyerupai aku yaitu mengapa pertumbuha Mengapa Pertumbuhan Ayam Tidak Sama

Kesimpulan yang sanggup diambil mengapa pertumbuhan Ayam tidak sama disebabkan lantaran :

1. Jumlah kawasan Pakan dan Minum

Salah satu kemungkinan pertumbuhan ayam tidak merata yaitu lantaran disebabkan kawasan makan ayam yang kurang banyak, sehingga terjadi persaingan dalam merebut makanan yang ada dalam wadah dan ayam yang kalah bersaing hasilnya tersisih dan tidak sanggup makan dengan baik dan benar.

Dalam sangkar brooding bergotong-royong sudah di sediakan 3 wadah makan custom dari botol mineral dan satu wadah minum untuk 100 ekor DOC dan satu wadah kawasan minum.

Idealnya, menururt para jago yang sudah berpengalaman, satu kawasan pakan ayam berukuran 5 kg sanggup dipakai untuk 30-35 ekor ayam.

Sedangkan pada kondisi sangkar yang kami gunakan, seratus ekor ayam di pasok oleh tiga kawasan pakan ayam yang terbuat dari botol air mineral kapasitas 1.5 liter satu buah, pakan ayam dari toples kecil satu buah dan kawasan pakan khusus ayam ukuran medium satu buah.

Baca juga : 4 Tempat Pakan ayam buatan sendiri

Menurut perhitungan ideal, jumlah kawasan pakan ini termasuk tidak ideal. Walaupun kawasan pakan ayam selalu di kondisikan dalam keadaan penuh sepanjang waktu.


2. Faktor Genetik

Kemungkinan selanjutnya yaitu lantaran memang dari sananya alias sudah bawaan lahir. Meskipun DOC Ayam KAmpung SUper yang di pilih kali ini termasuk produk unggulan dari pemasok yang sudah berpengalaman, tetap saja ada kemungkinan perbedaan karakterisitik tubuh ayam.

Sama menyerupai manusia, ada yang badannya cepat besar ada juga yang cenderung kecil meskipun makannya banyak. Yaa gak?

Makara sebenarnya, sudah aksara alami nya begitu sehingga pertumbuhan ayam tidak merata.


3. Pencampuran Ransum

Kemungkinan lainnya yaitu lantaran pertolongan ransum yang tidak stabil. Kadang peternak perlu melaksanakan sedikit efisiensi dengan mencampur pakan untuk ayam. Campuran pakan untuk ayam ini sanggup berupa apa saja mulai dari sayuran, buah-buahan, gedebok pisang, ikan, atau lainnya.

Campuran pakan yang tidak stabil sanggup menghipnotis pertumbuhan ayam menjadi tidak merata lantaran jumlah nutrisi yang di perlukan oleh ayam tidak terpenuhi.


4. Luas Kandang

Luas kandang, sangkar yang terlalu sempit atau terlalu luas sanggup menghipnotis pertumbuhan ayam menjadi tidak sama. Kandang yang terlalu sempit akan menciptakan ayam sulit bergerak sehingga persaingan merebutkan makanan akan semakin ketat.

Sebaliknya, sangkar yang terlalu luas akan menciptakan ayam akan aktif bergerak sehingga energi yang diserap dari makanan akan terbuang lantaran aktifitas ayam berlarian kesana kemari dalam kandang.

Suhu sangkar brooding, imbas suhu sangkar brooding yang tidak sempurna akan mempengeruhi naksu makan ayam. Jika terlalu panas maka ayam akan sering minum tapi kurang makan tapi sebaliknya jikalau terlalu masbodoh maka ayam pun hanya akan bergerombol dan tidak minat untuk makan.

Sehingga pada potongan sangkar tertentu yang suhu kandangnya memadai, pertumbuhan ayam akan lebih baik sedangkan pada potongan sangkar lainnya mungkin petumbuhan ayam kurang maksimal lantaran suhu kandangnya tidak ideal. Pada hasilnya pertumbuhan ayam tidak sama.


Itulah kira-kira yang sanggup menjadi penyebab mengapa pertumbuhan ayam tidak sama dan seragam. Jika ada yang perlu di tambahkan, sudilah kiranya memberikan melalui kolom komentar semoga sanggup menjadi pembelajaran bagi kita semua. Semoga bermanfaat.


Sumber http://www.capuraca.blogspot.com/


Demikianlah artikel kali ini tentang Mengapa Pertumbuhan Ayam Tidak Sama

dengan adanya artikel Mengapa Pertumbuhan Ayam Tidak Sama yang admin bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan atau artikel menarik lainnya dan terimaksih telah berkunjung.

Anda sekarang membaca artikel Mengapa Pertumbuhan Ayam Tidak Sama dengan alamat link https://modifamp.blogspot.com/2015/05/mengapa-pertumbuhan-ayam-tidak-sama.html