Sejarah Singkat Ayam Bloiler

Sejarah Singkat Ayam Bloiler - Kembali lagi di blog Modifamp, Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan artikel tentang Sejarah Singkat Ayam Bloiler, dan admin telah menyiaplkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan pada Artikel lainnya, yang kami tulis ini dapat dengan mudah anda pahami. baiklah, tidak usah berlama-lama selamat membaca.

Judul : Sejarah Singkat Ayam Bloiler
link : Sejarah Singkat Ayam Bloiler

Baca juga


Sejarah Singkat Ayam Bloiler

Ayam ras pedaging disebut juga broiler, yang merupakan jenis ras unggulan hasil persilangan dari bangsa-bangsa ayam yang mempunyai daya produktivitas tinggi, terutama dalam memproduksi daging ayam.

Sejarah dan perkembangan ayam broiler di Indonesia tidak lepas dari perkembangan perunggasan itu sendiri. Indonesia sempat mengalami pasang-surut mengenai perkembangan ayam dan unggas.

Perkembangan tersebut sanggup dikategorikan dalam tiga periode, yaitu :

1.Periode Perintisan (1953-1960)

Pada periode ini diimpor banyak sekali jenis ayam untuk memenuhi pasar lokal, diantara jenis ayam yang diimpor ialah White Leghorn (WL), Island Red (IR), New Hampshire (NHS) dan Australop. Impor ayam tersebut dilakukan oleh GAPUSI (Gabungan Penggemar Unggas Indonesia). Aksi yang dilakukan ialah melaksanakan penyilangan antara ayam impor tersebut dengan jenis ayam kampung. Namun ketika itu, tujuan penyilangan iu hanya sebagai kesenangan dan hobi, bukan untuk komersial.


2. Periode Pengembangan (1961-1970)

Impor bibit ayam secara komersial mulai digalakan pada tahun 1967. Saat itu, Direktoran Jendral Peternakan dan Kehewanan ketika itu menyusun aktivitas Bimas Ayam dengan tujuan memasyarakatkan ayam ras kepada peternak unggas. Daging semakin sulit didapatkan ketika itu sehingga diharapkanprogram ini sanggup meningkatkan konsumsi protein hewani. Apalagi konsumsi perkapita masyarakat terhadap protein hewani sangat rendah, 3,5 gram/kapita/hari.

3. Periode Pertumbuhan (1971-1980)

Bimas ayam broiler tahun 1978 merupakan balasan atas menurunnya populasi sapi ketika itu. Sejalan dengan itu, seruan pendudukterhadap ayam broiler meningkat seiring dengan meningkatnya pendapatan. Namun, pada tahun 1998 Indonesia mengalami krisis ekonomi sehingga pemilikan ayam di Indonesiaditingkat peternak menurun sampai lebih dari 50%. Pada tahun 1999 perjuangan ayam broiler dan layer mulai mengalami kebangkitan.


Tidak semua orang mengetahui asal-muasal atau seluk-beluk perkembangan ayam pedaging atau disebut juga ayam broiler, meskipun hampirsetiap harinya kita mendengar atau bahkan mengkonsumsi daging dan telurayam broiler/ ayam pedaging. Bagi mereka yang tidak mengetahui tersebut memang tidak perlu dipersoalkan, akan tetapi bagipeternak atau pun bagi calon peternak ayam pengetahuan perihal asal-usul atau seluk - beluk perkembangan ayam broiler/ ayam pedaging dari waktu ke waktu perlu untuk di ketahui. Hal itu sangat penting alasannya pengetahuan atau pemahaman yang baik mengenai karakteristik atau pun mengenaisifat-sifat ayam broiler/ ayam pedagingdapat membantu dalammelancarkan usahanya dalam beternak ayam broiler/ ayam pedaging, baik untuk jenis atau tipe ayam pedaging maupun tipe ayam petelur. Dan yang tak kalah pentingnya, yaitu pemahaman mengenai tipe atau jenis -jenis ayam pedaging/ broiler yang mempunyai sifatunggul sangat perlu untuk diketahui oleh setiap peternak ayam semoga dalam perjuangan ternaknya sanggup mendatangkan keuntungan.

Berkaitan dengan hal itu pada ketika ini dikenal adanya istilah ayam broiler/ ayam pedaging komersial alasannya perjuangan peternakan binatang unggas ini (ayam broiler) tidak terlepas dari orientasi atau tujuan mendatangkan laba yang besar. Mungkin sanggup dikatakan, usahapeternakan ayam broileratau ayam pedaging tidak hanya diperuntukkan untuk konsumsi Ayam yang diternakkan atau dipelihara untuk dimanfaatkan dagingnya disebut ayam pedaging. Untuk ayam ras pedaging yang mempunyai kualitasunggul dikenal dengan nama broiler.

Tipe atau jenis Ayam tersebut dihasilkan melalui proses perkawinan silang, seleksi, dan juga melaluirekayasa genetik yang dilakukan oleh pembibitnya. Ayam Broiler merupakan jenisras unggulan hasil dari persilangan daribangsa-bangsa ayam yang mempunyai produktivitas tinggi, terutama dalam hal memproduksidaging.

Berikut ini merupakan kemungkinan cikal bakalnya ayam broiler atau ayam pedaging.1. Ayam berasal dari kelas Amerika. Penggunaan kata kelas yaituuntuk membedakan kawasan atau negara ayam tersebut awal mulanya diciptakan dan dikembangkan secara luas.

Berikut ini ciri-ciri ayam kelas Amerika :

1.Kulit berwarna kuning.

2.Cuping daun indera pendengaran berwarna merah.

3.Cakar kaki tidak berbulu.

4.Kerabang atau kulit telur biasanyaberwarna cokelat.

Ayam berasal dari bangsa Plymouth Rock yang mempunyaivarietas bulu putih. Untuk istilah bangsa dipakai untukkelompok ternakayam dalam satukelas yang mempunyai persamaan bentuk morfologi, anatomi dan fisiologi secara turun-temurun. Bangsa ayam tersebut disilangkan lagi dengan bangsa ayam jenis lain secara berulang-ulang,lalu ditemukan strain baru, contohnya diberi nama Acres, Cobb, Arbor, atau nama lainnya.

3. Ayam berasal dari kelas Inggris.

Berikut salah satu dari kelas ini yaitu bangsa ayam Cornish dengan ciri-ciri, di antaranya yaitu bentuk tubuh padat dan berdaging penuh, tidak berbulu, cakar kaki besar dan berwarna kuning, serta kulit telur berwarna cokelat.


Berikut ciri-ciri umum dari ayam yang berasal dari kelas inggris yaitu sebagai berikut ini;

1.Cuping telingaberwarna merah.

2.Kulit telur berwarna cokelat.

3.Kulit berwarna putih, kecuali bangsa ayam Cornish.




Demikianlah artikel kali ini tentang Sejarah Singkat Ayam Bloiler

dengan adanya artikel Sejarah Singkat Ayam Bloiler yang admin bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan atau artikel menarik lainnya dan terimaksih telah berkunjung.

Anda sekarang membaca artikel Sejarah Singkat Ayam Bloiler dengan alamat link https://modifamp.blogspot.com/2018/02/sejarah-singkat-ayam-bloiler.html