Cara Mengecek Oli Mesin Kendaraan Beroda Empat Dan Apa Saja Yang Harus Di Periksa
Cara Mengecek Oli Mesin Kendaraan Beroda Empat Dan Apa Saja Yang Harus Di Periksa - Kembali lagi di blog Modifamp, Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan artikel tentang Cara Mengecek Oli Mesin Kendaraan Beroda Empat Dan Apa Saja Yang Harus Di Periksa, dan admin telah menyiaplkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan pada Artikel mobil, yang kami tulis ini dapat dengan mudah anda pahami. baiklah, tidak usah berlama-lama selamat membaca.Judul : Cara Mengecek Oli Mesin Kendaraan Beroda Empat Dan Apa Saja Yang Harus Di Periksa
link : Cara Mengecek Oli Mesin Kendaraan Beroda Empat Dan Apa Saja Yang Harus Di Periksa
Baca juga
Cara Mengecek Oli Mesin Kendaraan Beroda Empat Dan Apa Saja Yang Harus Di Periksa
Kadang kita ini terlalu parno dengan bagian-bagian kendaraan beroda empat apalagi kalau sudah berurusan dengan mesin.Rasanya kok takut kenapa-napa, padahal untuk mengecek Oli mesin anda tidak perlu ke bengkel, tidak perlu takut garansi hangus kalau memang kendaraan beroda empat masih dalam masa garansi. dan tidak perlu pakai celemek atau wearpack ala montir profesional yang ada di Bengkel Mobil.
Anda hanya perlu membuka kap mesin, cari dipstick yang biasanya ditandai dengan tangkai berujung lingkaran dengan lubang di tengahnya dan berwarna mencolok.
"Its easy like counting one - two - three…."
Oli mesin perlu diperiksa kondisinya secara terpola atas kemungkinan kurang dari kapasitasnya, viskositasnya mulai encer atau ketika habis melewati banjir.
Pada kondisi pemakaian normal, gotong royong oli mesin tidak perlu terlalu sering di periksa, apalagi kalau kendaraan beroda empat keluaran 5 tahun kebawah yang selalu menjalani servis rutin di BERES. Tapi tidak ada salahnya untuk memeriksanya sambil bersih-bersih bodi mobil.
Apa saja yang perlu di periksa?
1. Kapasitasnya
Jika kapasitasnya berkurang melewati batas bawah maka sebaiknya segera ditambahkan supaya oli tetap sanggup melumasi mesin dengan maksimal.
Untuk kendaraan beroda empat yang kondisi mesinnya masih prima dan kondisi pemakain normal dengan jarak tempuh sekitaran dalam kota, penambahan oli mesin jarang sekali dilakukan sebelum interval penggantian oli tiba. Penyusutan tetap akan terjadi tapi tidak akan hingga melewati batas bawah pada indikator dipstick.
Kecuali kalau kendaraan beroda empat sering melaksanakan perjalanan jauh yang menciptakan mesin mengalami stress tinggi alasannya panas dan beban kerja, maka penyusutan oli sanggup saja terjadi.
2. Kekentalannya
Periksa kekentalan oli apakah sudah mulai terlihat encer dan perlu segera diganti. Kadang kendaraan beroda empat jarang sekali dipakai, sanggup ajuan dari saudara bersahabat kalau oli sebaiknya di ganti setiap 3 bulan sekali.
Tapi sayang juga kalau mau ganti oli sementara kendaraan beroda empat jarang digunakan dan sesudah di periksa kondisi olinya masih menyerupai baru. Jadi, mau ikut hukum waktu atau hukum jarak ?
3. Warnanya
Warna oli yang masih manis cenderung kecoklatan tapi tergantung jenis olinya juga sih. Tapi apapun warnanya ketika masih baru, oli akan berkembang menjadi hitam seiring waktu kerjanya didalam mesin.
Jika oli mesin terlihat hitam, encer dan ternyata ahad kemudian anda gres saja turing keliling pulau Jawa, sebaiknya segera ganti.
Bagaimana cara mengecek kondisi oli mobil?
1. Temukan lokasi Dipstick mesin kendaraan beroda empat anda, biasanya di berupa tangkai dengan ujung berlubang sebagai kawasan untuk menariknya dan umunya di beri warna mencolok supaya gampang di temukan.
2. Keluarkan Dipstick dari tempatnya, bersihkan memakai kain hingga tidak ada bekas sisa oli menempel.
3. Masukan kembali Dipstick pada tempatnya, kemudian keluarkan. Dari ujung dipstick anda sanggup melihat beberapa isu terkait kondisi oli kendaraan beroda empat yang anda gunakan.
4. Ujung Dipstick biasanya terdapat indikator untuk membuktikan kondisi kapasitas Oli yang ditandai dengan Low and High atau Add dan Full. Setiap posisi ditandai dengan garis atau lubang.
Dari situ sanggup di ketahui apakah oli sudah saatnya ditambah atau sudah saatnya diganti atau belum.
Apakah kapasitasnya berkurang kemudian perlu ditambah, atau apakah tercampur air ketika melewati banjir beberapa waktu kemudian sehingga perlu diganti.
Pemeriksaan kondisi oli ini kemudian sanggup anda kross cek dengan waktu interval penggantian oli yang biasa anda lakukan.
Jika kapasitas oli berkurang drastis padahal gres saja mengganti oli sebulan yang lalu, maka anda perlu melaksanakan inspeksi mendadak.
Kemungkinan baut pembuangan oli kurang rapat ketika penggantian oli terakhir atau pemasangan saringan oli kurang sempurna alasannya karet sealnya terjepit atau sanggup juga calter oli bocor alasannya habis lewat medan offroad waktu nganter yayang pulang kampung ahad lalu. Waktu itu tanpa sadar calter tergores permukaan jalan yang tidak rata.
Sumber http://www.capuraca.blogspot.com/
3. Masukan kembali Dipstick pada tempatnya, kemudian keluarkan. Dari ujung dipstick anda sanggup melihat beberapa isu terkait kondisi oli kendaraan beroda empat yang anda gunakan.
4. Ujung Dipstick biasanya terdapat indikator untuk membuktikan kondisi kapasitas Oli yang ditandai dengan Low and High atau Add dan Full. Setiap posisi ditandai dengan garis atau lubang.
Dari situ sanggup di ketahui apakah oli sudah saatnya ditambah atau sudah saatnya diganti atau belum.
Apakah kapasitasnya berkurang kemudian perlu ditambah, atau apakah tercampur air ketika melewati banjir beberapa waktu kemudian sehingga perlu diganti.
Pemeriksaan kondisi oli ini kemudian sanggup anda kross cek dengan waktu interval penggantian oli yang biasa anda lakukan.
Jika kapasitas oli berkurang drastis padahal gres saja mengganti oli sebulan yang lalu, maka anda perlu melaksanakan inspeksi mendadak.
Kemungkinan baut pembuangan oli kurang rapat ketika penggantian oli terakhir atau pemasangan saringan oli kurang sempurna alasannya karet sealnya terjepit atau sanggup juga calter oli bocor alasannya habis lewat medan offroad waktu nganter yayang pulang kampung ahad lalu. Waktu itu tanpa sadar calter tergores permukaan jalan yang tidak rata.
Atau oli mesin sanggup berkurang alasannya ada persoalan rembesan oli yang cukup serius di sekitaran paking.
Begitulah cara cek oli kendaraan beroda empat sendiri dirumah, jadi anda tidak perlu ke bengkel hanya untuk mengecek kondisi oli mobil.
Begitulah cara cek oli kendaraan beroda empat sendiri dirumah, jadi anda tidak perlu ke bengkel hanya untuk mengecek kondisi oli mobil.
Kalau memang kondisi oli perlu diganti barulah bawa ke bengkel kalau tidak ingin merayap masuk kolong kendaraan beroda empat untuk buka baut pembuangan.
Demikianlah artikel kali ini tentang Cara Mengecek Oli Mesin Kendaraan Beroda Empat Dan Apa Saja Yang Harus Di Periksa
dengan adanya artikel Cara Mengecek Oli Mesin Kendaraan Beroda Empat Dan Apa Saja Yang Harus Di Periksa yang admin bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan atau artikel menarik lainnya dan terimaksih telah berkunjung.
Anda sekarang membaca artikel Cara Mengecek Oli Mesin Kendaraan Beroda Empat Dan Apa Saja Yang Harus Di Periksa dengan alamat link https://modifamp.blogspot.com/2013/09/cara-mengecek-oli-mesin-kendaraan.html