Makanan Pantangan dan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Sakit

Makanan Pantangan dan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Sakit - Kembali lagi di blog Modifamp, Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan artikel tentang Makanan Pantangan dan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Sakit, dan admin telah menyiaplkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan pada Artikel kesehatan, yang kami tulis ini dapat dengan mudah anda pahami. baiklah, tidak usah berlama-lama selamat membaca.

Judul : Makanan Pantangan dan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Sakit
link : Makanan Pantangan dan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Sakit

Baca juga


Makanan Pantangan dan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Sakit

Ketika seseorang mengalami sakit tertentu yang menyerang tubuhnya, maka umumnya mereka akan muncul perasaan seperti tidak mau untuk menyantap makanan tertentu.

Hal lainnya, ada beberapa jenis makanan yang tidak baik dikonsumsi ketika sakit, justru dikonsumsi banyak karena terlihat lebih lezat menurut perasaannya.

Padahal makanan tersebut sangat tidak baik dikonsumsi ketika sakit.

Untuk itu, penting mengetahui makanan mana yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari ketika sakit menyerang.

Hal ini sangat penting diketahui untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Makanan Yang Perlu Anda Batasi Konsumsinya
Makanan Yang Perlu Anda Batasi Konsumsinya | Sumber gambar: Pixabay.com

Berikut di bawah penjelasan tentang beberapa jenis penyakit, beserta makanan yang disarankan (anjuran) dan pantangan dikonsumsi.

1. Diare
Makanan sebaiknya dikonsumsi ketika Diare
Terdapat beberapa hal yang menyebabkan seseorang terserang penyakit diare, seperti karena serangan virus ataupun juga dari keracunan makanan.

Untuk itu, jika diare juga disertai dengan sakit demam (dan utamanya disebabkan dari sebab yang disebutkan diatas) maka hendaknya segera memeriksakan diri ke dokter. Guna menghindari hal yang buruk.

Terutama lagi apabila terdapat darah pada feses, mengalami mual bahkan hingga sampai muntah.

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk orang yang mengalami diare yaitu buah pisang, serta jangan lupa untuk makan nasi.

Anda bisa mengkonsumsi saus apel, roti panggang, kentang rebus, biscuit asin, dan ayam panggang tanpa kulit, teh, yogurt, roti, jelly dan apel. Semua makanan tersebut relatif aman dikonsumsi oleh penderita diare.

Ketika diare, tubuh kehilangan banyak cairan, mengakibatkan tubuh mudah mengalami dehidrasi. Sehingga perbanyak minum cairan yang mengandung elektrolit, seperti yang paling umum adalah air putih.

Anda juga bisa konsumsi kuah kaldu, kuah sayur bening, jus, atau juga LGG (larutan gula garam).

Secara umum makanan bagi penderita diare yang paling baik untuk dikonsumsi yaitu yang memiliki sifat mudah dicerna, dapat mengentalkan feses serta memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik.

Makanan pantangan bagi penderita diare
Untuk makanan yang harus dihindari bagi penderita diare, yaitu jenis makanan yang berlemak, makanan yang digoreng, berminyak dan bersantan kental.

Makanan dengan jenis tersebut membuat kondisi diare lebih buruk. Kemudian kurangi konsumsi susu jika Anda sering mengkonsumsinya setiap hari. Demikian juga batasi konsumsi mentega, es krim, dan keju.

Jangan konsumsi makanan-makanan tersebut hingga penyakit diare benar-benar sembuh.

Dan sudah pasti, jangan mengonsumsi minuman alkohol dan kafein.

Alkohol dan kafein merupakan pantangan terbesar untuk penderita diare karena bersifat membuang cairan tubuh, yang memperburuk kondisi dehidrasi.

Kemudian hindari makanan yang menyebabkan gas berlebih, walaupun itu berasal dari jenis sayur-sayuran seperti kubis atau kol, kacang-kacangan, brokoli, dan kembang kol. Semuanya menjadi pantangan bagi penderita diare.

Beberapa pantangan lainnya yaitu sorbitol, pemanis buatan, permen, permen karet dan minuman diet.

Makanan yang berisi pemanis buatan juga harus dihindari.

Secara umum makanan pantangan diare yang harus dihindari yaitu yang sifatnya susah dicerna, mengakibatkan pembuangan cairan tubuh sehingga tubuh mengalami dehidrasi parah, dan  dapat mengiritasi saluran pencernaan, yang memperparah diare.


2. Sembelit
Makanan yang baik dikonsumsi ketika mengalami sembelit
Sembelit terjadi ketika tubuh dalam keadaan kekurangan makanan berserat, seperti biji-bijian utuh, buah ataupun sayur-sayuran.

Ketika mengalami sembelit, makanan yang sebaiknya dikonsumsi yaitu roti biji utuh (yang kaya serat), brokoli, kacang-kacangan, buah pir, dan apel.

Penuhi kebutuhan minum air putih, untuk kebutuhan cairan tubuh. Bermanfaat untuk membantu merangsang fungsi pencernaan.

Makanan tersebut sangat baik untuk mengatasi sembelit, Anda dapat memperbanyak konsumsi makanan yang kaya serat seperti sereal, roti gandum, buah dan sayuran.

Buah yang disarankan dimakan bersama kulitnya (sebelumnya dibersihkan dahulu dengan air) yaitu apel, pir, anggur dan tomat. Semuanya kaya akan serat.

Makanan pantangan untuk penderita sembelit
Penyakit sembelit terkadang bagi sebagian orang dianggap enteng saja, padahal jika dibiarkan terus-menerus tanpa adanya upaya untuk mengatasinya, dapat berdampak buruk bagi kesehatan, dan kemungkinan terburuk adalah kanker.

Beberapa makanan pantangan untuk penderita sembelit seperti cokelat, produk susu, obat nyeri, suplemen besi, beberapa obat untuk darah, obat antidepressant.

Kemudian makanan olahan seperti makanan beku, pizza, burger dan semacamnya (apalagi junk food), daging merah seperti daging kambing dan sapi, kafein dan makanan berminyak.

Semua jenis makanan tersebut harus Anda hindari karena dapat memperburuk sembelit yang diderita.

3. Mual
Makanan yang sebaiknya dikonsumsi ketika Mual
Rasa mual yang diderita akan mengakibatkan makanan yang biasanya enak secara tiba-tiba menjadi terasa tidak enak.

Untungnya, terdapat makanan yang tepat dan membantu menenangkan asam lambung.

Makanan atau minuman yang sebaiknya dikonsumsi ketika mengalami mual yaitu roti kering, biscuit asin, sereal, teh jahe, teh lemon, irisan lemon segar, peppermint

Makanan pantangan ketika merasa mual
Makanan yang sebaiknya dihindari (pantangan) ketika merasa mual adalah jenis makanan yang berminyak, pedas, kafein, alkohol dan minuman berkarbonasi.

Semuanya itu akan mengakibatkan rasa mual menjadi bertambah buruk.

4. Sakit Radang Tenggorokan 
Berdasarkan penjelasan dari Lauren Slayton, RD (penulis The Little Book of Thin) bahwa saat seseorang mengalami radang tenggorokan, maka ada sejumlah makanan yang berfungsi melindungi tenggorokan dan meredakan nyeri.

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi, seperti teh peppermint hangat yang memiliki efek analgesic dan anesthetic, madu manuka yang memiliki fungsi penyembuh luka.

Kemudian beberapa makanan lunak dan lembut seperti yoghurt, sup krim, kentang tumbuk dan telur orak-arik.

Makanan pantangan yang perlu dihindari adalah keripik kentang, kacang-kacangan, minuman panas, granola.

5. Sakit Kepala
Terjadinya dehidrasi menjadi sebab utama dari terjadinya bencana sakit kepala. Untuk itu, sangat disarankan konsumsi yaitu air putih, dan jaga kondisi tubuh agar jangan sampai kekurangan cairan tubuh.

Sebenarnya kafein atau kopi dapat membuat Anda dehidrasi, akan tetapi jika mengkonsumsi kopi dalam dosis atau jumlah sedikit (satu cangkir) maka tidak mengapa. Bahkan mampu mengurangi gejala sakit kepala.

Adapun Makanan yang sebaiknya dihindari, yang dapat memicu rasa sakit kepala yaitu MSG (seperti saus dan kecap asin), pemanis buatan, keju yang mengandung tiramin, cokelat, anggur merah, hotdog, dan jenis buah kering.

Kandungan tiramin dapat mengakibatkan meningkatnya tekanan darah, yang memicu rasa sakit kepala.


6. Sakit Nyeri Otot
Berdasarkan penjelasan Kristine Arthur, MD (internist di Orange Coast Memorial Medical Center Fountain Valley, California) bahwa makanan yang mengandung magnesium atau kalsium membantu meredakan rasa nyeri otot yang umum.

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi ketika mengalami nyeri otot adalah makanan kaya magnesium dan kalsium, seperti sayuran daun hijau, kacang-kacangan, pisang, alpukat, salmon kaleng, yoghurt dan jus jeruk. Kemudian perbanyak juga untuk minum air putih.

Adapun makanan pantangan ketika sakit nyeri otot yaitu alkohol, kafein, dan berbagai makanan atau minuman yang mengakibatkan tubuh dehidrasi, yang dapat memperburuk nyeri otot.

7. Sakit Telinga
Makanan yang sebaiknya dikonsumsi ketika mengalami sakit telinga yaitu cairan bening dan sup ayam, asam omega 3 seperti yang terkandung pada salmon dan kacang-kacangan.

Serta konsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti sayuran hijau, buah beri dan sitrus.

Adapun makanan pantangan ketika mengalami sakit telinga yaitu susu (yang membuat lendir menjadi kental dan memperburuk sumbatan pada telinga), makanan olahan dan kemasan yang memperparah peradangan.

8. Sakit Gatal dan Ruam
Gatal-gatal atau ruam bisa menjadi simtom alergi, untuk itu penting mengetahui makanan yang memicu ruam pada kulit.

Makanan pantangan makanan untuk penderita gatal atau ruam pada kulit yaitu kacang-kacangan, kerang, kepiting, cumi-cumi, lobster, udang. Perlu dibatasi (boleh sesekali) yaitu cokelat, ikan, tomat, telur, susu, beri dan kedelai.

Demikian seperti yang dijelaskan oleh Debra Jaliman, MD, seorang dermatology.

9. Hidung Meler
Ketika pilek maka yang sangat tidak mengenakan yaitu hidung meler. Ketika mengalami hal demikian, disarankan untuk mandi dengan air hangat, kemudian minum teh hangat yang membuat jiwa lebih tenang dan fresh.

Untuk makanan yang sebaiknya dikonsumsi yaitu teh jahe. Hal itu karena jahe memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang bermanfaat membersihkan pilek lebih cepat.

Kemudian disarankan konsumsi sari apel dan lemon yang dimasukan dalam air, minum air putih yang banyak, utamakan yang hangat.

Adapun makanan pantangannya yaitu alkohol dan makanan berempah yang dapat mengakibatkan hidung bertambah meler dan semakin parah.

10. Hidung Tersumbat
Masalah pilek dan flu memang bisa mengiritasi dan mengakibatkan pembuluh darah meradang di hidung, dan dapat mengakibatkan sulit bernapas.

Untuk itu makanan yang sebaiknya dikonsumsi ketika mengalami hidung tersumbat yaitu berupa susu dengan tambahan kunyit, atau rempah yang mengandung bahan antiinflamasi.

Masukkanlah sekitar dua cangkir susu almond yang ada di dalam panci, dan ditambah satu sendok teh kunyit kering, satu sendok teh jahe kering, sedikit lada hitam dan juga madu.

Kemudian panaskan beberapa saat (hingga panas), lalu diamkan sekitar 10 menit, minum selagi hangat. Resep ini sangat baik untuk mengatasi hidung tersumbat.

Makanan pantangan penderita hidung tersumbat yaitu makanan yang berempah, gula dan susu.


Demikianlah artikel kali ini tentang Makanan Pantangan dan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Sakit

dengan adanya artikel Makanan Pantangan dan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Sakit yang admin bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan atau artikel menarik lainnya dan terimaksih telah berkunjung.

Anda sekarang membaca artikel Makanan Pantangan dan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Sakit dengan alamat link https://modifamp.blogspot.com/2015/04/makanan-pantangan-dan-yang-sebaiknya.html